Padang-topsigipost.com- Bertepatan Hari Tani Nasional, Mahasiswa dan masyarakat menggelar aksi demo di depan Kantor Gubernur guna menyuarakan hak dan aspirasi dari petani pada Jum'at, (24/09/2021).

Aksi yang di lakukan di depan Kantor Gubernur ini terdiri dari beberapa aliansi yaitu Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sumatera Barat (Sumbar) dan Serikat Petani Indonesia (SPI) yang berlangsung pada pukul 15.00 WIB.

Para aliansi menuntut kebijakan nyata pemerintah daerah untuk dapat berpihak pada petani. Kemudian menyuarakan kesejahteraan petani dan dijauhkan dari Perampasan Tanah.

"Kita sudah menjadi buruh di tanah ulayat sendiri," teriak Januardi selaku perwakilan dari masyarakat petani.

Januardi selaku masyarakat juga meminta kepada pihak pemerintah untuk dapat memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang sangat dibutuhkan oleh petani. 

Kombes Imran Amir selaku Polresta Kota padang juga menurunkan anggota personelnya untuk pengamanan aksi demo tersebut, agar dapat tertip serta memberitahu kepada seluruh aliansi untuk tetap patuhi prokes Covid-19, mengingat Kota Padang masih melakukan PPKM level 4. 

"Kami beritahukan kepada teman-teman mahasiswa untuk tetap menggunakan masker dan menjaga jarak, karena Kota Padang masih dalam masa PPKM level 4" kata Kapolresta Kota Padang Kombes Imran Amir dalam mengingatkan kepada seluruh aliansi.

Berdasarkan informasi, menurut Kapolresta, mahasiswa yang ikut serta dalam aksi demo sekitar +-500 orang. Sedangkan pihaknya telah mempersiapkan 300 personel untuk pengawalan.

"kami menginginkan agar aksi demo ini dapat berjalan kondusif dan tidak ada aksi anarkis dan provokasi, jika terjadi kami akan melakukan tindakan tegas". Ujarnya.(Gun) 
 
Top