Padang-TopSigiPost.com- Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) 
memperingati 12 tahun pasca gempa bumi yang telah mengguncang Kota Padang dengan kekuatan 7,6 Skala Richter dengan korban jiwa lebih dari 1.000 orang.

Acara yang digelar di Tugu Gempa, Jalan Khairil Anwar, Belakang Tangsi, Kota Padang pada Kamis (30/09/2021) dilaksanakan secara sederhana dan tak lupa dengan protokol kesehatan. 

Acara yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Padang Hendri Septa yang diikuti dengan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya, juga turut hadir secara virtual Fauzi Bahar yang merupakan mantan Wali Kota Padang.

Adapun tema yang diangkatkan dalam acara peringatan ini adalah “Melalui Momentum Peringatan 12 Tahun Gempa 30 September 2009, Mari Kita Tingkatkan Kesiapsiagaan dan Kewaspadaan dalam  Menghadapi Bencana Menuju Padang Kota Tangguh Bencana”.

Hendri Septa menyampaikan bahwa peringatan ini diadakan untuk mengenang peristiwa dahsyat yang telah meluluh lantahkan semua bangunan, perekonomian, dan kehidupan sosial masyarakat Kota Padang.

"Kita hari ini bukan tidak menghargai keluarga korban, tapi kita ingin memperingati peristiwa ini supaya kita ingat, bahwa bencana alam ini selalu ada, kita harus waspada, jangan jumawa, itu maksud dari peringatan ini" ujar Wali Kota Padang itu. 

"Kita harus bertafakur, mohon ridho Allah SWT. Semoga tidak adalagi bencana ini datang di Kota Padang" Lanjutnya. 

Ia juga menyampaikan bahwa peringatan ini dapat menjadi edukasi bagi generasi muda bahwa Provinsi Sumbar khususnya Kota Padang berada pada geografis lokasi yang sering terjadi bencana alam seperti gempa, banjir, longsor, dan lain sebagainya.

"jadi dapat memberikan pembelajaran bagi generasi muda agar dapat mengawas diri, karena nantinya merekalah yang akan menggantikan kita saat ini". (ggn)
 
Top